Jumat, 26 September 2014

Presentasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi ( TIK )

  • Internet
  • Sejarah Internet Budaya Internet Software Untuk Akses Internet Hardware Untuk Akses Internet
  • Sejarah Internet : Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimanadengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. 
  • Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika DepartemenPertahanan Amerika, Defense Advanced Research ProjectsAgency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentangbagaimana caranya menghubungkan sejumlah computersehingga membentuk jaringan organik. Program riset inidikenal dengan nama ARPANET.Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasildihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa salingberkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972,Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mailyang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Programe-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.
  • Budaya InternetJumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang,telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyaipengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Denganhanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna diseluruh dunia mempunyai akses Internet yang mudah atasbermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku danperpustakaan, Internet melambangkanpenyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge)informasi dan data secara ekstrim. Perkembangan internet jugatelah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksijual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatapmuka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kinisangat mudah dan sering dilakukan melalui internet
  • Beberapa Macam Software untuk Akses InternetA. BrowserBrowser adalah sebutan yang diberikan kepadasebuah software yang dipakai untuk mengaksesWord Wide Web (WWW). WWW adalah layananyang paling sering digunakan dan memilikiperkembangan yang sangat cepat karena denganlayanan ini kita bisa menerima informasi dalamberbagai format (multimedia). Untuk mengakseslayanan WWW dari sebuah komputer digunakanprogram web client yang disebut web browser ataubrowser saja.
  • Jenis-jenis browser yang sering digunakan adalah : Mozilla Firefox Google Chrome Netscape Internet Explorer
  • B. E-Mail Client E-Mail Client adalah sebuah software yangdimanfaatkan untuk membaca, menulis, danmengirimkan surat elektronik (e-mail)C.IRC Client IRC Client adalah singkatan dari InternetRelay Chat yaitu software yang berfungsi untukmembantu kita berbincang-bincang secara langsung(real time) lewat media teks dengan banyak orangdi seluruh dunia.contoh software IRC Client yang popular yaitu mIRC
  • D. Dial Up Networking Dial Up Networking adalah software kecil yang akanmenghubungkan komputer pribadi dengan jaringan internetglobal lewat sebuah internet service Provide. Software inihanya menyuruh untuk memasukan nomor telepon, username,dan password yang pada akhirnya akan mengirimnya ke ISPsupaya bisa terhubung dengan internet.E. Surfing/Browsing Surfing merupakan istilah umum yang digunakanmenjelajahi dunia maya atau Web. Tampilan web yang sangatartistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang ditata sedemikian rupa sehingga selalu membuatbetah netter untuk surfing berjam-jam
  • F. Langkah-Langkah dalam Browsing•Klik double pada icon Internet Explorer•Pastikan nama situs yang akan Anda browsing, mis. Situs berita islam eramuslim.•Ketika nama situs tersebut pada kolom address (contoh, www.eramuslim.com)•Tekan enter atau Go•Tunggu beberapa saat hingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis Done di Status Bar•Jika ingin membuka halaman baru dengan page yang sama, dapat dilakukan dengan cara: klik File pada menu, klik New,dan klik Window atau dengan menekan tmbol Ctrl+N•Jika sudah selesai, Internet Explorer di tutup dengan cara klik Close pada menu files
  • Beberapa Macam Hardware Untuk Mengakses Interneta) Modem Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Modulatormerupakanbagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua- duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
  • Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis antaralain:1. Modem Dial UpModem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yanglangsung dihubungkan melalui saluran telpon.Jenis modem dial upada dua macam yaitu:1) Modem InternalMerupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama padaslot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-ratakecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56Kbps.
  • Adapun keuntungan penggunakan modem internalsebagai berikut:a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomisb) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel. Sedangkan kelemahan modem internal sebagai berikut:a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modemb) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
  • 2) Modem EksternalModem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPUkomputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui portcom atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan caramenghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi keadaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.Keuntungan modem eksternal:a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lainb) Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.Kelemahan dari modem eksternal:a) Harga lebih mahal dari pada modem internalb) Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
  • 2. Modem Kabel Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat kerasyang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. JaringanTV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengankecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup ataumodem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelumdapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskanuntuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabeldan ISP (internet Service Provider).
  • 3. Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line) ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalahsalah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalahsifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalamkecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ideutama teknologi ADSL adalh untuk memecah sinyal line telponmenjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkanpengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon danmelakukan koneksi internet secara simultan tanpa salingmenggangu.
  • b) RouterRouter adalah sebuah alat jaringankomputer yang mengirimkan paket datamelalui sebuah jaringan atau Internetmenuju tujuannya, melalui sebuahproses yang dikenal sebagai routing.Secara umum, router dibagi menjadi duabuah jenis, yakni:* static router (router statis): adalahsebuah router yang memiliki tabelrouting statis yang diset secara manualoleh para administrator jaringan.*dynamic router (router dinamis):adalah sebuah router yang memiliki dabmembuat tabel routing dinamis, denganmendengarkan lalu lintas jaringan danjuga dengan saling berhubungan denganrouter lainnya.
  • c) Kartu JaringanKartu Jaringan (Inggris: network interface card disingkatNIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yangberfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuahjaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadidua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifatlogis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalahNIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yangbersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter.Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberinomor alamat yang disebut sebagaiMAC address, yang dapatbersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.
  • d)WebcamWebcam (singkatan dari web camera)adalah sebutan bagi kamera real-time(bermakna keadaan pada saat inijuga) yang gambarnya bisa diakses ataudilihat melalui World Wide Web,program instant messaging, atauaplikasi video call. Istilah "webcam" jugamerujuk kepada jenis kamera yangdigunakan untuk keperluan ini. Adaberbagai macam merek webcam,diantaranya LogiTech, SunFlowwer, dansebagainya. Webcam biasanyaberresolusi sebesar 352x288 / 640x480piksel. Namun ada yang kualitasnyahingga 1 Megapiksel. Sekarang hampirsemua kamera digital dan HP bisadijadikan sebagai kamera web (webcam).
  • e) Bridge Jaringan Bridge Jaringan adalah sebuah komponen jaringan yangdigunakan untuk memperluas jaringan atau membuatsebuah segmen jaringan. Bridge jaringan beroperasi didalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapatdigunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringanyang berbeda, seperti halnya antara media kabel UnshieldedTwisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau duabuaharsitektur jaringan yang berbeda

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

My Blog List